Jumat, 06 Juni 2014

CARA MENGATASI INSOMNIA



INSOMNIA

Setiap harinya seseorang seharusnya tidur malam 7-8 jam dengan batas waktu normal. Akan tetapi banyak orang yang terkadang susah tidur malam terus menerus, hal ini merupakan bahaya bagi kesehatan. Biasanya orang yang susah tidur malam ini disebut dengan insomnia. Insomnia merupakan gejala berbagai penyakit, fisik dan mental, dapat pula merupakan penyakit tersendiri. Dalam penggolongan diagnosa penyakit, insomania dapat merupakan satu gangguan tidur primer, artinya sebagai penyakit tersendiri, yang kemudian dapat pula mengakibatkan gangguan pada fungsi atau organ tubuh yang lain. Maka dari itu,adapun cara mengatasi insomnia seseorang sebagai berikut :
  1. Membentuk rutinitas tidur yang teratur dan menentukan jadwal untuk tidur dan bangun Jangan makan atau minum terlalu banyak ketika mendekati jam waktu tidur
  2. Ciptakan lingkungan tidur yang gelap, sejuk dan nyaman
  3. Hindari suara mengganggu
  4. Mengurangi komsumsi atau tidak mengkomsumsi kafein, terutama di malam hari
  5. Hindari alkohol dan nikotin, terutama mendekati waktu tidur
  6. Sering berolahraga, tapi tidak dalam waktu tiga jam sebelum waktu tidur
  7. Hindari tidur siang, khususnya di sore hari
  8. Singkirkanlah gadget jauh-jauh dari tempat tidur anda. Salah satu kebiasaan buruk masyarakat modern adalah sering membawa gadget ke tempat tidur sehingga kita tidak akan fokus untuk beristirahat. Selain dapat mengganggu tidur, radiasi yang dihasilkan oleh telpon genggam ataupun gadget lain ternyata juga dapat mengganggu fungsi otak dan dapat menurunkan fungsi organ-organ seksual.
  9. Konsumsilah makanan yang mengandung potasium dan magnesium tinggi seperti pisang dan kacang almond. Selain dapat membuat tidur anda lebih nyenyak, kandungan triptofan dalam buah pisang ternyata juga dapat menenangkan hormon otak sehingga anda bisa cepat tidur.
  10. Lakukanlah meditasi dan latih pernafasan. Meditasi sudah dikenal sejak dulu sebagai salah satu metode relaksasi yang paling ampuh. Dengan bermeditasi, anda akan berlatih agar bisa melupakan permasalahan hidup dan memfokuskan diri pada satu titik di dalam pikiran anda, sehingga pikiran anda akan semakin jernih dan anda akan mendpatkan tidur yang lebih berkualitas lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

 
;