Selasa, 18 Juni 2013

3 HARI TANPA HANDPHONE



3 HARI TANPA HANDPHONE

Saya mendapat tantangan untuk tidak menggunakan HP walaupun sebenarnya saya tidak terbiasa untuk jauh dari hp apalagi tidak menggunakannya. Tetapi apa salahnya kalau saya coba untuk 3 hari kedepan tanpa HP. Dimulai  pada hari Selasa tanggal 10 Januari 2012 jam 5 sore
Saya langsung mematikan HP tersebut. Dan batas akhir tantangan ini sampai hari Jumat tanggal 13 Januari 2012 jam 5 sore . Berikut pengalaman saya tanpa menggunakan HP selama 3 hari (3x24 jam) berturut-turut :

Hari ke 1 .  Pada hari Selasa jam 5 sore setelah pulang kuliah hingga sampai dirumah, saya sudah menonaktifkan kedua HP saya dan saya simpan dalam lemari. Otomatis saya tidak menggunakan HP apalagi memegang HP tersebut. Hal ini membuat saya sedikit khawatir, karena saya khawatir banyak yang sms dan menelpon saya entah itu penting atau tidak. Lalu setelah itu saya menonton televisi hingga adzan magrib tiba. Setelah itu sambil menunggu adzan isya saya main kerumah teman saya yang tidak jauh dari rumah dan saya bercerita-cerita saja dengannya. Adzan isya pun tiba lalu tidak lama kemudian saya pulang kerumah karena saya sedikit mengantuk tetapi sebelum saya tidur saya shalat isya dulu baru saya tidur terlelap.
Hari Rabu jam 5 pagi saya terbangun dari tidur lalu saya shalat subuh terlebih dahulu. Kemudian saya membantu mamah saya menyapu dan mengepel lantai rumah setelah itu saya baru mandi dan saya sarapan pagi dengan sereal hingga jam setengah 7 pagi. Biasanya setelah sarapan pagi saya siap-siap berangkat kuliah tetapi saya malah tidur lagi karena kuliah saya diliburkan untuk menjelang UAS. Lalu sekitar jam 11 saya terbangun dari tidur dan saya langsung menonton televisi ditemani makan-makanan kecil. Hingga beberapa jam kemudian adzan dzuhur tiba dan saya bergegas untuk shalat dahulu setelah itu saya menonton televisi lagi. Entah kenapa lama-kelamaan saya merasa bosan juga tidak berkomunikasi dengan teman-teman saya. Alternatif satu-satunya buka laptop pasang modem dan dari situlah saya bisa berkomunikasi melalui internet seperti facebook,twitter,email dan lainnya yang selalu saya pakai. Hal itu membuat saya sedikit lega karena setidaknya saya dapat mengetahui berbagai informasi tentang kuliah saya, dan bisa berkomunikasi dengan yang lainnya.

Hari  ke 2 . Pada hari Rabu jam 5 sore setelah selesai shalat ashar, saya mematikan laptop dan saya masukan kedalam tas karena saya diminta mamah saya pergi kerumah nenek yang letaknya lumayan jauh . Akhirnya saya pergi dengan sepupu saya. Tidak lama kemudian ketika di mobil sepupu saya, saya membuka laptop saja dan mengaktifkan facebook serta email kembali, ternyata banyak pemberitahuan dan email yang masuk. Lalu saya teringat ada sesuatu yang rasanya tertinggal dirumah, mau tidak mau saya harus menghubungi orang rumah tetapi saya kan tidak membawa HP lalu saya meminta sepupu saya yang menghubungi orang rumah dan akhirnya sepupu saya menghubungi mamah saya  kemudian saya dan sepupu saya disuruh untuk membelinya saja dijalan daripada harus balik lagi kerumah. Setelah itu sekitar jam  setengah 7 malam saya baru sampai dirumah nenek saya itu. Saya pun masih menyalakan laptop dan masih internetan.Setibanya saya dirumah nenek, saya langsung shalat maghrib lalu setelah itu berbincang-bincang dengan nenek dan yang lainnya. Disana saya hanya beberpa jam saja, oleh karena itu saya pulang sekitar jam 10 malam didalam mobilpun saya masih menyalakan laptop dan internetnya juga. Sesampainya dirumah jam 11 malam,saya pun langsung menyimpan dan mematikan laptop lalu saya bergegas mengambil air wudhu untuk shalat isya baru setelah itu saya tidur karena capek juga.
Hari Kamis pada jam 5 pagi saya beraktifitas seperti biasanya tetapi kuliah masih tetap libur. Jadi saya tidur lagi setelah semuanya selesai. Sampai jam 1 siang,setelah shalat dzhur saya baru menyalakan laptop kembali dan mengaktifkan facebook,email dan ym sambil mendengarkan musik dilaptop.

Hari ke 3 . Pada Hari Kamis jam 5 sore setelah shalat dzuhur saya masih terus internetan. Tidak lama kemudian adzan maghrib tiba dan saya pun shalat maghrib lalu mengaji yasin karena malamnya malam jumat. Setelah mengaji adzan isya pun tiba dan saya melanjutkannya dengan shalat isya. Kemudian selesai shalat isya saya masih menyalakan laptop dan internet sambil main game hingga saya tertidur dan laptop masih dalam kondisi menyala.
Hari Jumat jam 5 pagi saya beraktifitas seperti biasanya tetapi tetap kuliah masih libur. Dan saya pun tidur lagi karena memang cuacanya juga mendukung untuk bermalas-malasan hingga jam 2 siang saya dibangunkan oleh mamah untuk shalat dzuhur , saya pun langsung terbangun dan langsung shalat . Setelah itu saya menyalakan laptop tetapi tidak bisa menyala karena batreinya habis dan sayapun baru ingat kalau semalam saya tidak mematikannya. Akhirnya saya menchargernya dan saya buka laptop lalu internetan lagi sambil mendengarkan musik sampai jam 5 sore, lalu saya mesti shalat ashar dulu namun setelah itu saya terus-terusan internetan apalagi main gamenya kemudian sekitar jam 6 sore saya teringat dengan HP saya yang entah bagaimana kabarnya. Lalu saya aktifkan kedua HP saya ternyata banyak sms masuk dari kedua HP tersebut tetapi menurut saya smsnya juga banyak yang tidak terlalu penting.

Kesimpulan:
Dari 3 hari tanpa menggunakan Handphone (HP) bagi saya tidak ada masalah mungkin karena memang lagi libur kuliah saja dan tidak teralu sering keluar rumah jadi tidak terlalu kesulitan juga . Hanya terkadang kalau memang lagi pergi keluar rumah HP memang sangat  dibutuhkan dan yang pasti sangat penting karena HP merupakan alat untuk mempermudah komunikasi antara satu dengan yang lainnya apalagi ditambah dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia itu sangat berguna.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

 
;